aku perlakukan temenku seperti ini, how about you?

pernah nggak kamu punya sahabat dekat yang kamu sayang? dan dia mendadak berubah jadi seseorang “annoying” dan jadi asing buat kamu?

kayaknya sih ga dikit yang ngrasa begitu. ya kan? hahaha 😀

well, people change. wajar laah. makin dia tua, makin dia banyak pengalaman, makin dia banyak belajar, makin dia berubah. yah meskipun ada yang udah tua masih aja stuck di otak anak TK. :p

dalam kasus ini kamu pantes khawatir dengan yang terjadi sama temen kamu itu. maksudnya gini, khawatir kalo dia ternyata “salah gaul”. maksudnya gini lagi, dia bergaul dengan orang tertentu yang sebenernya itu ga ‘sehat’ buat dia. ya tapi bisa aja temen kamu ini ga sadar kalo itu ga ‘sehat’ buat dia, dimana-mana orang lain yang menilai. tapi kalo dia merasa sendiri yo itu bagus sih.

TAPI. kamu sebagai temen juga cuma bisa menilai aja, jangan sampe ngatur-ngatur dia. hellooooh hidup, hidup dia kenapa kamu yang ngatur. yah meskipun dia sahabat kamu, tapi kamu tetep ga punya hak untuk ngatur-atur gitu. sebagai kita cukup tau aja mana yang sehat buat dia, dan mana yang enggak. dah. gitu tok.

berarti ga care? wait, gini, sebagai sahabat itu serba salah juga. mau bilang “eh dia itu gini-gini, ga baik buat kamu” nanti kamu malah disemprot “lo siapa ngatur-atur gue, hidup gue, gue yg jalanin kok. kenapa lo yang ribet?!!”. trus kalo nurutin yang aku bilang, paling pol dibilang “kamu kok peduli lagi sama aku sih? yaudah deh kita udahan aja ya temenannya” HA HA HA HA. well, kalo dia beneran sahabat kamu dan dia masih respect sama kamu, dia ga akan ninggalin kamu dengan alesan secethek otak ikan cethul kaya gitu!!!

temen (yah sahabat itu temen juga, cuman level intimasisasinya lebih) itu menurut aku fungsinya bukan untuk menunjukan mana jalan yang benar dan mana jalan yang salah. suatu jalan bener atau salah itu tergantung yang jalanin, menurut kamu bener tapi kalo menurut temen kamu salah ya kamu ga bisa maksain. temen itu fungsinya menerangi jalan temen kamu, menunjukan setiap jalan yang ada. maksudnya gini, misal jalan A itu begini resikonya begini, jalan B itu begini resikonya begini, jalan C D E dll. tapi objective, jangan misal kamu pengennya dia di jalan X, terus kamu baik-baikin ‘nanti gini-gini’nya. itu namanya menjerumuskan temen kamu sendiri. lakukan yang terbaik, dan biarkan dia yang memilih jalannya sendiri. kalo dia meminta rekomendasi, baru kamu masukin saranmu.

biarkan temen kamu berfikir dan berpengalaman sendiri agar dia mandiri dan dewasa. jangan gunakan pengalamanmu untuk mendekte dia, biarkan dia merasakan pengalaman sendiri, agar dia jadi orang yang tangguh.

aku sendiri sebagai seorang teman ga masalah jika lihat temenku “jatuh” atau “terpeleset”, aku biarin dia merasakan sakit dan ga enaknya jatuh. biarin aja dia tau rasanya dibawah kaya apa, biar nanti dia gamau jatuh lagi, biar nanti dia lebih berhati-hati jalannya. tapi aku selalu siap buat bantu dia berdiri dan bantu jalan kedepan lagi!! kalo dia ga mampu jalan, aku siap menatihnya!!

tapi jangan harap aku mau menggendongnya. kalo emang dia belum kuat buat lanjutin, istirahat dulu tak apa. hidup ada kalanya istirahat sambil menyusun rencana, jangan istirahat yang tidak produktif. aku mau temen aku jadi orang yang tangguh! dia harus berusaha dengan usahanya sendiri, bukan “digendong”.

kalo kamu mau ngikutin aku yang begini, ya gapapa. tapi kamu harus siap resikonya. resikonya kamu bisa aja malah ditinggalin temen-temen yang kamu punya sekarang. hahaha. ga gampang emang.

pengalamanku selama ini? umm….gimana ya. aku sih punya prinsip, aku bakal nglakuin apapun yang terbaik dan persetan orang mau omong apa. jadi ya ada juga beberapa yang temen yang njauh karena aku perlakukan gitu. ada juga beberapa yang nangkep aku maksudnya gimana. ada beberapa juga yang biasa aja. dan ada juga yang minta udahan temenan, tapi ga jadi. hahahaha 😀

semua yang kamu pengen kamu lakuin demi kebaikan orang lain, lakuin aja terus, jangan peduliin orang tersebut suka atau enggak. yang terbaik ga selamanya enak kok. dia ga perlu tau juga alesan kamu gitu. kalo dia emang temen kamu, cepat atau lambat dia bakal tau maksud kamu. itu buat yang otaknya jalan sih. kalo enggak ya tetep kamu harus pantau keadaan dia, apa dia sudah berkembang atau masih stuck di otak sempitnya.

dijauhin temen ya pasti sedih, tapi gapapa, yang aku lakuin kan juga buat kebaikan dia. masa kamu ga seneng kalo punya temen yang mandiri dan tangguh dlam jalani hidup? kalo aku sih bangga dan seneng, yah meskipun dia udah ga nganggep aku temen. hahaha.

 

udah deh. udah pagi. tidooor duluuu

Leave a comment